Senin, 13 April 2015

Makalah Hipnotik Sedatif


BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
         Hipnotik sedatif adalah istilah untuk obat-obatan yang mampu mendepresisistem saraf pusat. Sedatif adalah substansi yang memiliki aktifitas moderate yangmemberikan efek menenangkan, sementara hipnotik adalah substansi yang dapatmemberikan efek mengantuk dan yang dapat memberikan onset sertamempertahankan tidur.
Beberapa macam obat dalam dunia kedokreran, seperti magadomdigunakan sebagai zat penenang (sedativa-hipnotika). Pemakaian sedativa-hipnotika dalam dosis kecil dapat menenangkan, dan dalam dosis besar dapatmembuat orang yang memakainya tertidur.
Gejala akibat pemakaiannya adalah mula-mula gelisah, mengamuk lalumengantuk, malas, daya pikir menurun, bicara dan tindakan lambat . Jika sudahkecanduan, kemudian diputus pemakainya maka akan menimbulkan gejalagelisah, sukar tidur, gemetar, muntah, berkeringat, denyut nadi cepat, tekanandarah naik , dan kejang-kejang. Jika pemakainya overdosis maka akan timbulgejala gelisah, kendali diri turun, banyak bicara, tetapi tidak jelas, sempoyangan,suka bertengkar, napas lambat, kesadaran turun, pingsan, dan jika pemakainyamelebihi dosis tertentu dapat menimbulkan kematian.
Penggunaan klinis kedua golongan obat-obatan ini telah digunakan secaraluas seperti untuk tata laksana nyeri akut dan kronik, tindakan anestesia, penatalaksanaan kejang, serta insomnia. Pentingnya penggunaan obat-obatan ini dalamtindakan anestesi memerlukan pemahaman mengenai farmakologi obat-obatankedua obat. Hal tersebut yang mendasari penulisan mengenai farmakologi obat-obatan hipnotik sedatif.


 itu tadi sebagian latar belakang dari makalah Hipnotik Sedatif yang ada, bagi kalian yang ingin melihat keseluruhan makalah tersebut dapat mendownload file wordnya disini : Download